Mahasiswa Farmasi ITB Berprestasi di Thailand


                                                           PATTAYA, THAILAND

Pada tanggal 21-27 Agustus 2015 silam, enam belas mahasiswa sebagai delegasi Sekolah Farmasi ITB menghadiri serangkaian acara Asia Pacific Pharmaceutical Symposium 2015 (APPS 2015) yang diselenggarakan di Pattaya, Thailand. Para delegasi terdiri atas tiga orang delegasi resmi APPS, dua belas delegasi Himpunan Mahasiswa Farmasi ‘Ars Praeparandi’ ITB, dan satu orang mahasiswa sebagai pembicara workshop. APPS merupakan acara tahunan International Pharmaceutical Students' Federation (IPSF) yang melibatkan mahasiswa farmasi dari negara-negara di kawasan Asia Pacific Regional Office (APRO). Dalam rangkaian acara simposium ini terdapat berbagai workshop, simposium, dan lomba berskala internasional. Salah satu lomba yang paling banyak peminatnya adalah lomba poster. Lomba ini terbagi menjadi dua kategori yaitu Scientific Poster Competition yang bertujuan untuk mempublikasikan data eksak serta analisis dari penelitian atau jurnal ilmiah dan Public Health Campaign Poster Competition yang bertujuan untuk mempublikasikan upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Tim ITB yang beranggotakan Stephanie Triseptya Hunto, Isabella Cynthia, Jessica Hertania, dan Mega Putri mendapat gelar juara pertama dalam kategori Scientific Poster Competition dan juara kedua untuk Public Health Campaign Poster Competition. 


Dalam kategori Scientific Poster Competition, tim ITB membuat poster berjudul "Moringa Leaves" yang membahas khasiat daun kelor dalam mencegah berbagai penyakit. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tinjauan pustaka dari jurnal ilmiah yang telah dipublikasi. Sedangkan untuk Public Health Campaign Poster Competition, tim ITB mengangkat isu perlindungan terhadap perokok pasif yang dirangkum dalam judul "Passive Smoker Protection Programme". Dalam proses penilaian poster, tiga puluh persen dari hasil pemungutan suara partisipan APPS dan tujuh puluh persen dari penilaian juri. 

Selain kompetisi kefarmasian, APPS tahun ini menyelenggarakan Pharmacy Got Talent yang merupakan ajang unjuk diri mahasiswa farmasi yang bertalenta di bidang nonakademik, seperti menari tarian modern, tarian tradisional, maupun menyanyi. Perwakilan dari ITB, Stephanie Triseptya Hunto, Isabella Cynthia, Mirna Nurfitriani, Mega Putri (vokal), Jessica Hertania (gitar), dan Tien Vanny (cajon) yang tergabung dalam grup Voiceline, meraih juara pertama dengan menampilkan aransemen lagu “Mirror” dari Justin Timberlake. 

Tidak hanya dalam kompetisi, terdapat mahasiswi ITB yang menjadi salah satu pembicara workshop bertopik Good Pharmacy Practice Education atau Cara Pelayanan Farmasi yang Baik (CPFB), Putri Charisma. Sebagai ambassador program CPFB, Putri Charisma berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai pengalam farmasi yang diperoleh saat mengikuti kegiatan CPFB di Taipei, Taiwan tahun lalu. Dalam kesempatan ini para peserta workshop pun berdiskusi mengenai sistem pendidikan apoteker maupun pelayanan kesehatan dari berbagai negara Asia Pasifik. 

Benyaknya prestasi yang diukir turut mengharumkan nama Indonesia dan mahasiswa Sekolah Farmasi ITB secara khusus. Adapun berbagai delegasi Indonesia yang berasal dari berbagai universitas turut berpartisipasi dalam simposium akbar ini, seperti Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Sanata Dharma, Universitas Gadjah Mada dan perwakilan Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (Ismafarsi). Tidak berhenti sampai tahun ini, Korea Selatan pun mempromosikan APPS 2016 yang akan diselenggarakan di Seoul. Para delegasi dari Korea Selatan berharap semakin banyak negara yang mengirimkan delegasinya untuk mengikuti kegiatan APPS 2016 mendatang.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman WULF bersama Unilever

ALUN-ALUN BANDUNG

Kuliah Ngapain Aja